Minggu, 01 Desember 2013

Donat

Donat


Donat adalah kue yang berbentuk bulat dan memiliki lubang ditengah. Mengapa harus dilubangi tengahnya ya? Begini temans, asal mulanya, pencipta donat ini menggoreng donat tanpa dilubangi tengahnya. Kemudian setelah dimakan, ternyata didalamnya belum matang. Nah, maka dari itu, dia melubangi bagian tengah donat agar matang sempurna. Hmm... boleh juga ya akalnya :) Begitulah bentuk donat dengan lubang di tengah. Seperti yang kita kenal sekarang. 
Penggemar kue ini dari anak-anak sampai orang dewasapun menyukainya. Begitupun ketika membuat donat ini. Baru saja selesai, orang-orang dirumah sudah tidak sabar menunggu untuk menyantapnya. Memang enak ya. Apalagi kalau tinggal makan hehe :)
Resep ini aku adaptasi dari Donat Almond nya NCC. Donatnya sangat empuk karena menggunakan kuning telur yang cukup banyak. This is it the recipe.


Donat
Source: Fatmah Bahalwan NCC

Bahan A:
500 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr gula pasir
11 gr ragi instan
4 kuning telur
20 gr susu bubuk (resep aslinya tidak memakai susu)
200 ml air

Bahan B:
100 gr margarin/mentega
1 sdt garam

Bahan C:
Dark Cooking Chocolate (DCC), lelehkan
Keju cheddar parut

Cara membuat:
  1. Aduk bahan A, uleni hingga bergumpal-gumpal, masukkan bahan B, uleni terus hingga kalis elastis
  2. Bulatkan adonan, istirahatkan 10 menit, langsung potong dan timbang 40 gr.
  3. Bulatkan mulus, tata dalam loyang yang sudah ditaburi terigu, istirahatkan 20 menit.
  4. Lubangi tengahnya, lalu goreng dengan minyak panas sedang hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan dan dinginkan.
  5. Untuk toppingnya tergantung selera. Bisa diberi DCC yang dilelehkan, keju cheddar parut, meises, atau ditaburi gula halus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar